2.04.2013

Kandungan Nutrisi Serbuk Beras Merah Onoroso (SBMO)

Serbuk Beras Merah Onoroso buatan Indonesia
Onoroso Beras Merah
Sebelum memahami manfaat Serbuk Beras Merah Onoroso (SBMO) ada baiknya kita lihat beberapa nutrisi dan mineral penting yang terkandung di dalamnya.
Serat/fiber
Kurang lebihnya jumlah serat yang terdapat dalam beras merah sekitar 3,5 gram, jumlah tersebut merupakan angka yang cukup tinggi dibandingkan jumlah serat yang terdapat pada beras putih yang memiliki kandungan serat sekitar 1 gram. Kandungan serat pada Serbuk Beras Merah Onoroso sangat baik untuk membantu fungsi pencernaan serta mampu mencegah sembelit. Kandungan fiber yang tinggi juga membuat Anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet.
Serat mampu mengganggu penyerapan gula dalam karbohidrat serta mengganggu penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan dan tentu akan memberikan sensasi lebih mengenyangkan pada kita karena proses pengolahan serat yang lambat di dalam tubuh menyebabkan kita terus merasa kenyang sehingga tidak terlalu sering makan. Serat juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menghambat aterosklerosis, dan juga berperan dalam mengkontrol tingkat kadar gula darah dalam tubuh, sehingga juga menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes.

Vitamin
Terdapat hampir 3 macam jenis vitamin B yang terkandung dalam Serbuk Beras Merah Onoroso, diantaranya vitamin B1 berupa thiamin, vitamin B12 serta B6 yang digunakan tubuh sebagai bahan pembentuk energi. Thiamin (vitamin BI) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. Zat besinya juga lebih tinggi, membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Kekurangan thiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, sernutan, jantung berdebar, dan refleks berkurang.

Mineral Fosfor
Adapun fosfor berguna sebagai pembentukan tulang

Mineral Selenium
Selenium merupakan trace element dari sebuah enzim yang bernama glutation peroksidase. Dimana enzim tersebut bertindak menjadi katalisator sehingga peroksida dapat dipecahkan dan tidak bersifat toksik. Beras merah kaya akan selenium yang dapat mencegah perkembangan sel kanker, berperan mendukung perbaikan dan sintesis DNA pada sel-sel rusak serta. Selenium merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk metabolisme hormon tiroid dan sistem imun. Selenium juga digunakan hati untuk menetralkan molekul-molekul racun yang berbahaya.

Mineral Magnesium
Magnesium jumlah terbanyak dapat ditemukan di dalam tulang manusia. Walaupun mineral dibutuhkan dalam jumlah sedikit (gizi mikro), namun harus tetap dikonsumsi untuk mendukung metabolisme dalam tubuh.
Magnesium mampu menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frequensi migran dan menurunkan resiko serangan jantung serta stroke dan berfungsi menjaga metabolisme energi. mampu menjaga kesehatan tulang.
Magnesium dapat meringankan penyakit asma, menurunkan tekanan darah dan mengurangi sakit kepala. Jika tubuh kekurangan magnesium, kalsium dapat masuk ke saraf dan meningkatkan ketegangan.
Magnesium membantu pengaturan saraf dan otot dengan mencegah masuknya kalsium, mencegah kontraksi dan menjaganya agar tetap rileks. Magnesium juga diperlukan untuk kesehatan tulang.

Mineral Mangan
100 gram beras merah mengandung 1,1 mg mangaan atau mampu mencukupi 55% kebutuhan harian mineral mangaan. Mangan merupakan komponen penting pada enzim antioksidan, yaitu superoksida dismutase yang terdapat dalam mitokondria. Enzim ini melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang merupakan hasil samping pada produksi energi.

Mineral Calsium
membantu mengatasi Imsomnia (gangguan susah tidur)

Niasin
Beras merah mengandung niasin yang berguna untuk meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah, yaitu molekul yang berfungsi untuk dilatasi pembuluh darah serta mencegah plak arterosklerosis.

Zat Antioksidan
Sebagai salah satu bahan makanan unggulan, beras merah ternyata juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya berasal dari lingkungan, tubuh kita sendiri, dan tentu makanan. Cara untuk mengatasinya tentu dengan mengonsumsi lebih antioksidan. Dengan adanya antioksidan sebagai salah zat dengan nilai lebih juga tentu menjadikan manfaat serbuk beras merah Onoroso semakin besar. Salah satu kandungan antioksidan yang dimiliki adalah antosianin. Antosianin adalah pigmen merah yang terkandung pada perikarp dan lapisan kulit beras. Antosianin dapat mencegah penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, dan stroke.
Antioksidan Feronik adalah salah satu zat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas pemicu kanker.

Selain yang tersebut diatas, Serbuk Beras Merah Onoroso juga mengandung karbohidrat dan lemak.

No comments:

Post a Comment